Halaman

Jumat, 08 Juni 2012

Peluang Bisnis Studio Cetak Digital

Peluang Bisnis Studio Cetak Digital ini cocok dikembangkan untuk usaha rumahan ataupun home industry, di pusat keramaian, pusat perbelanjaan, tempat bermain anak, daerah perkantoran maupun tempat wisata.

Saat ini, perkembangan teknologi semakin canggih, termasuk bidang percetakan dengan menggunakan printer. Sebelumnya kita hanya mengenal cetak teks dan gambar sederhana di atas media kertas. Tetapi kini hasil cetak tersebut dapat setara dengan kualitas foto. Bahkan jika dicetak dengan menggunakan kertas foto, maka hasil cetaknya bisa menyamai kualitas cetak foto laboratorium. Hebat bukan?

Nah, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, media percetakan sekarang tidak hanya dilakukan di atas kertas biasa atau kertas foto saja, namun dapat pula dicetak di atas media kaus, keramik, mug, topi, kalender gantung, jam dan sarung bantal. Tidak perlu ditanya bagaimana hasilnya, yang pasti berkualitas, tahan air dan tahan lama, full color pula. Benar-benar menarik. Desainnya pun tidak terbatas, anda bisa memunculkan desainnya sesuai selera.

Biaya produksi dalam bisnis ini pun terbilang cukup murah, dengan hasil produk dapat dijual dengan harga yang terjangkau dengan tetap memberikan keuntungan yang maksimal. Apalagi jumlah pesaing yang relatif belum banyak, tentunya merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk merintis udaha ini secepatnya.

Memulai Usaha Cetak Digital

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis ini, yaitu sebagai berikut.
  • Pilihlah lokasi yang sekiranya strategis, ramai dan mudah diakses. Usahakan agar dekat dengan area keramaian, perumahan, dan lingkungan pendidikan.
  • Sekalipun tanpa keahlian desain, dengan tersedianya koleksi gambar-gambar (templates), pemprosesan cetak ini sangatlah mudah. Selain itu, pemprosesannyapun termasuk cepat. Anda tinggal mencetak gambar di atas kertas kemudian transfer ke atas media yang diinginkan dengan menggunakan mesin yang sesuai.
  • Pilihlah alat cetak berkualitas baik, namun tetap bisa berkompromi dalam masalah harga karena nantinya Anda akan terbentur dengan modal.
  • Persiapkan seperangkat komputer beserta mesin printer yang sesuai.
  • Lakukan tata ruang untuk tempat usaha Anda semenarik mungkin.

Hambatan Bisnis Cetak Digital

Berikut adalah beberapa hambatan yang dapat terjadi kertika merintis usaha ini.
  • Minimnya pengetahuan dan minat masyarakat terhadap adanaya percetakan modern di atas media selain kertas dan kertas foto. Karena itu, pasaran pun sepi dan terbatas hanya di kalangan anak muda atau remaja gaul.
  • Tingginya haraga beli mesin cetak
  • Harga kertas berkualitas yang fluktuatif

Strategi Bisnis

Apabila Anda ingin usaha ini maju, pahami beberapa strategi bisnis berikut:
  • Promosi yang gencar adalah hal utama yang harus dilakukan untuk memajukan bisnis ini. Anda dapat melakukannya dengan menempel pamflet di daerah sekitar tempat usaha. Bahkan, tidak menutup kemungkinan di tempat-tempat umum seperti halte bus dan angkot. Selain itu, lakukan promosi dan jalin kerjasama dengan berbagai pihak, misalnya sekolah, kampus, perusahaan, dan instansi serta lembaga tertentu yang mungkin akan membuat suvenir atau merchandise.
  • Berikan penawaran desain yang menarik, unik dan lucu sehingga mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ingin membuat cetakan pada media yang diinginkannya.
  • Tawarkan harga diskon bagi konsumen yang melakukan percetakan dalam jumlah banyak
  • Gali kreatifitas agar desain Anda dapat selalu up-to-date dengan desain-desain terkini yang sedang tren

Nah, itulah kiranya hal-hal yang perlu Anda ketahui apabila ingin memulai usaha Studio Cetak Digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar