Halaman

Sabtu, 16 Juni 2012

Peluang Usaha Aneka Minuman Ringan dan Jus

Usaha aneka minuman ringan dan jus dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Dengan bahan baku minuman jus yang tergolong murah, akan tetapi dapat memberikan keuntungan sampai 150%, bahkan sampai 300%. Alat yang dibutuhkan untuk membuat jus hanya Juicer atau Blender saja. Kita mungkin tahu kalau harga sebuah blender tidak akan mencapai jutaan rupiah. Jus Anda akan banyak pembelinya jika Anda menjualnya di waktu pagi hari sampai sore hari, apalagi kalau cuaca sedang panas-panasnya.

Minuman yang diproses dari buah yang dihaluskan dengan menggunakan blender ini, cukup banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan maupun di berbagai café atau restoran. Jenis minuman yang dijual pun biasanya sangat beragam. Berjualan minuman ringan tidak selamanya harus bertempat di warung ataupun kantin. Anda bisa belanja aneka minuman ringan di pasar, toko grosir atau langsung ke distributor atau produsennya. Dengan modal yang tergolong kecil, anda dapat juga membuka usaha franchise kecil-kecilan.


Harga jus buah segar yang beredar di pasaran rata-rata dipatok dengan harga antara Rp 3.000,00 sampai Rp 6.000,00 per gelas. Disamping itu, ada juga jus buah yang terbuat dari campuran beberapa buah (Jus Spesial), tetapi biasanya jus seperti ini dihargai lebih mahal, yaitu berkisar antara Rp 5.000,00 hingga Rp 8.000,00.

Memulai Usaha Minuman Ringan dan Aneka Jus

1. Pengetahuan dan keterampilan
  • keterampilam membaca
  • Keterampilan menentukan target pasar sehingga bisa menentukan jenis minuman yang sesuai.
  • Keterampilan membuat aneka minuman yang enak, misalnya membuat jus dengan harga terjangkau.
2. Modal
  • Biaya sewa tempat. Sebagai pemula, Anda bisa menyewa tempat  1 m x 1,5 m di depan mini market dengan biaya Rp 200.000,00 per bulan.
  • Lemari kaca/rak/meja untuk emnyimpan aneka minuman; Anda juga bisa menggunakan mobil toko (moko)
  • Karyawan. Jika tak bisa jualan sendiri, Anda bisa mempekerjakan karyawan dengan sistem honor atau komisi.
Hambatan Bisnis Aneka Jus dan Minuman Ringan

Hambatan yang biasanya dilalui ketika menjalankan bisnis jualan minuman dingin dan aneka jus di antaranya sebagai berikut.
  • Terkadang pengunjung tidak terlalu ramai datang atau malah sepi pada waktu-waktu tertentu.
  • Jika tidak segera berpikir lebih inovatif mengenai menu makanan yang ada, para pengunjung akan menjadi bosan.
Strategi Bisnis
  • Cobalah untuk melakukan survei lokasi usaha sebelum Anda mulai berjualan agar tahu pasti kapan waktu yang ramai dengan pengunjung
  • Pahamilah dan pelajari selera pasar, sehingga Anda dapat mengetahui jenis minuman mana yang banyak digemari pengunjung. Untuk lebih aman, pilihlah jenis minuman yang tahan lama
  • Tambahkan aneka minuman baru. Ya.. minimal seminggu sekali agar orang tidak bosan dengan tetap mempertahankan minuman favorit pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar